Selasa, 17 November 2009

2012

Berawal dari ramalan suku Maya, yang didukung ramalan dari sebuah suku Mesir Kuno, bahwa tahun 2012 akan terjadi kiamat! Lalu diamini oleh Mama Lauren di Indonesia, dan diikuti oleh paranormal lain, sampai dibuat khusus di sms premiun. Jadilah opini publik bahwa 2012 benar-benar terjadi kiamat. Lebih tepatnya tanggal 12-12-2012. Lalu muncul film 2012 (twenty twelve) yang menggambarkan kiamat tahun 2012. Publik yang kadung teracuni opini kiamat 2012 sontak penasaran akan film itu. Antri tiket seperti ular saat tayang di bioskop berbagai kota di Indonesia. Bahkan sampai beberapa orang pingsan karena lelah mengantri. Dan film 2012 jadi box office,,,,

Pro kontra boleh tidaknya nonton film besutan Hollywood itu bermunculan. MUI Malang melarang umat Islam nonton 2012, sementara MUI pusat tidak melarangnya. FPI bahkan melakukan sweeping film 2012. Demo penentangan bermunculan, bahkan aksinya dilakukan anak-anak SD Islam.

Mengapa mereka mengkhawatirkan film itu? Tidak lain adalah kemusyrikan yang timbul apabila kita mempercayai kiamat 2012. Karena menyangkut akidah, yang kontra akan film itu begitu ngotot. Bukan tanpa sebab, dosa musyrik adalah dosa tak berampun. Kalau percaya akan ramalan kiamat bakal terjadi 2012, tak pelak bahwa kemusyrikan sudah tumbuh di hati. Inilah yang ditakutkan yang kontra akan penanyangan film 2012. Bisa jadi ini adalah teori konspirasi belaka. Fakta-fakta ilmiah terjadinya badai matahari di lapisan atmosfer matahari pun banyak dibahas.

Bagi sebagian orang biasa-biasa saja. Karena itu hanyalah film animasi belaka, tak lebih. Muatan cerita di film tak perlu dipercayai. Inilah yang menyebabkan beberapa ulama tidak mengkhawatirkan tayangan 2012.

Justru yang saya takutkan adalah, orang-orang yang mengecam ulama. Ada ulama yang berpendapat film 2012 haram untuk ditonton. Kemudian ada orang yang mengecam pendapat ulama tersebut. Ini yang berbahaya. Pendapat ulama akan hal ini tidak melanggar syari'ah, karena hukum menonton film asalnya adalah mubah. Dan pendapat ulama ini bukan tanpa dasar. Kita harus hormati meskipun mungkin berbeda pandangan dengan pendapat ulama tersebut. Ulama waritsatul Anbiya, ulama adalah pewaris Nabi.
Di dalam Shahih Al-Hakim diriwayatkan dari Abdullah bin ‘Amr secara marfu’ (riwayatnya sampai kepada Rasulullah): “Sesungguhnya termasuk tanda-tanda datangnya hari kiamat adalah direndahkannya para ulama dan diangkatnya orang jahat.”

Jadi tidak perlu memperdebatkan masalah film 2012. Yang terpenting adalah jangan pernah mempercayai ramalan tersebut dan jangan sekali-kali menghujat ulama yang melarang tayangan film 2012.

Johar 18 September 2009.

2 komentar:

beras mengatakan...

"Jadi tidak perlu memperdebatkan masalah film 2012. Yang terpenting adalah jangan pernah mempercayai ramalan tersebut dan jangan sekali-kali menghujat ulama yang melarang tayangan film 2012"

"d like this,

kemarin nonton bareng temen kantor hari senin, cz sabtu minggu rame banget... keren nih film (animasinya), secara cerita biasa aja...

tovicsky mengatakan...

setujreng pak,,,