Senin, 16 November 2009

Muharrik vs Kholil Mustami'

Terkenang kata-kata seorang ustadz beberapa tahun silam, "Silakan kalau antum ingin menjadi seseorang yang disebut kholil mustami', yang berarti 'pendengar yang kekal'...."

Maksud dari sang ustadz adalah sebuah pilihan hidup. Kita hanya sebagai pendengar, pengikut setia, penyimak rangkaian kata, penikmat ilmu hanya untuk diri sendiri. Memang sangat enak, aman, nyaman, dan tenang. Tak diganggu suatu apa pun, dan tak mengganggu eksistensi siapapun. Pendengar setia dari kajian satu ke kajian lain, majelis satu ke majelis lain, nikmat, sungguh menikmati sebuah ilmu.

Berbeda dengan seorang muharrik, dia adalah penggerak sebuah aktivitas, pionir dalam penyelesaian masalah, tali dari sebuah gasing dan genset (pinjam istilah mas ichanx).

Tanpa ada mental Muharrik, tak mungkin sebagian besar daratan Eropa takluk di tangan Islam dalam kurun waktu kurang dari 1 Abad, tak mungkin Jerusalem terengkuh, tak mungkin Bumi Nusantara menjadi Negeri Muslim terbesar dunia saat ini. Perjuangan Umar bin Khattab, Shalahuddin Al Ayyubi, dan para Wali Songo dilandasi dengan mental Muharrik, bukan Kholil Mustami'.

Muharrik adalah agen perubahan. Yang paling mudah kita lakukan adalah penggerak di keluarga dan lingkungan kita. Apakah kita menjadi rujukan di keluarga dan kampung kita,atau menjadi sumber masalah? Atau menjadi orang alim di kampung kita tapi tidak mempunyai sumbangsih untuk orang lain?

Terlalu mengada-ada bila membandingkan kita dengan Shalahuddin Al Ayyubi atau Wali Songo. Tetapi itulah kerangka global kita dalam berfikir, lalu kita gerakkan tali genset kita ke kampung atau kantor kita. Dan gerakan kita pun akan memberikan energi pergerakan di sekitar kita; keluarga, kantor, dan kampung....

Selamat menjadi penggerak!

3 komentar:

beras mengatakan...

sedang mengeplorasi BS,
makasih dah maen ke blog saya,
salam kenal pak,

tovicsky mengatakan...

sama-sama gan... jangan sungkan-sungkan main di blog ini ya,,,,

Muhamad Fajar mengatakan...

Assalamu'alaikum,

Salam kenal, salam ukhuwah,
Nice post juragan.
Kapan2 berkunjung jg ke blog saya ya.